Selasa, 10 September 2013

True Story: Begitu Banyak Cara Bisa Menghasilkan Uang

Kadang kita sering banget denger kalimat "susah kali nyari duit"
Ada benernya ada salahnya juga kalimat itu
Pada dasarnya sih kemauan

Ini ane mau share cerita aja kalau dengan cara yang sederhana, kita bisa menghasilkan uang
Tidak banyak memang, tetapi ada kepuasan tersendiri

Yap ini cerita waktu masih SD
Ibu ane ini tipikal orang tua yang mewajibkan anak-anaknya minum susu sebelum berangkat sekolah
Berhubung yang disediaan susu cokelat, ane kurang begitu suka (gara-gara kakak ane doyannya susu cokelat)
Rasanya itu loh manis banget...
Jadi taktik ane untuk menghindari minum susu adalah dengan berangkat sekolah diam-diam, begitu depan pintu teriak "Mah, lala berangkat dulu ya?!"
Hehehe...walhasil ane tidak minum susu :D
Tapi begitu sampe rumah, itu wujud susu cokelat di gelas masih teronggok aja di meja makan
"Hayo, itu susunya diminum!"
Huek! pasti rasanya sudah gak karuan dan ada kepala susunya :(
Terpaksalah diminum

Tapi gak tiap hari kudu minum susu kesiangan, soalnya kadang mama masukin ke kantong plastik buat es mambo, terus dimasukin frezer dan jadilah es susu cokelat
Ane sih lebih seneng dijadiin begini, daripada kudu minum di gelas

Terinspirasi dari es susu cokelat ini, ane berpikir untuk buat es sirup dan dijual ke temen-temen sekolah
Berhubung ane tidak suka dengan yang namanya konsep-mengonsep, ane langsung aja bertindak
Malemnya buat sirup di gelas, terus dimasukin ke plastik es, taruh di frezer. Besoknya sudah jadi es mambo

Ane jual nih es mambo dengan harga Rp 100 perak
Awalnya malu juga buat jualan, soalnya temen-teman ane ini rata-rata dari keluarga kaya
Don't judge by cover! Temen-temen ane pada beli ternyata dan laku keras
"Besok jualan lagi ya, la?"
Yes!
Akhirnya ane jual tu es mambo (tapi mama gak tau. tiba-tiba plastik es cepet abis aja :D)
Gak cuman es sirup aja yang dijual, kadang jual es susu cokelat sama kacang ijo

Lain lagi nih ceritanya...
Masih SD juga
Ane sempet loh jualan iketan rambut
Kalau iketan rambut ini terinspirasi dari kakak ane yang suka bikin iketan rambut sendiri
Berhubung di rumah banyak kain perca, akhirnya ane jait tu kain perca jadi iketan rambut
Awalnya buat konsumsi pribadi, tapi kakak ane nih ngasih rekomendasi buat dijualain iketan rambut hasil karya ane
Dengan semangat 45, ane buat iketan rambut dari berbagai macam warna dan kain
Untuk yang beludru, ane jualin Rp 2.500, sedangkan yang katun Rp 2 rebu saja
Kurang begitu laku sih coz buat anak SD jaman dulu, ini tergolong mahal
Tapi lagi-lagi menghasilkan duit, bo!

Ane juga waktu SD (lagi-lagi) pernah jualan kartu nama (walaupun kakak ane yang jadi bos-nya)
Awal usaha kartu nama ini berawal dari tante ane
Jadi tante ane ini orangnya baek bener, ane sama kakak-kakak ane dibikinin kartu nama sama dia
Pas jadi bukan kepalang kita seneng banget
Itu kartu nama bagus banget bahannya! Waterproof
Terus kita dikasih katalog gitu sama perusahannya yang buatin kartu nama kita
Kalau gak salah nama perusahannya Mini Enterprise (masih ada apa gak, tuh)

Kakak ane coba-coba tawarin ke temen-temennya, ternyata banyak yang mesen
Berhubung ane adik yang baik, ane tawarin juga ke temen-temen ane
Howhow...temen-temen ane pun banyak yang mesen
Mau temen di sekolah, rumah, atau di TPA pada mesen ni kartu nama
Sebagai imbalannya, ane dipesenin label nama ane sama kakak
Rencananya ni label mau dipasang di buku ane, berhubung biar gak pada ilang
Senangnya bukan kepalang :D

Pas SD juga ane sempet jualan bapao mini (harganya Rp 300 perak) made ini diri sendiri
Tapi ini cuman sehari doang, soalnya buatnya repot

Di masa ini juga ane sama temen-temen sempet buka usaha, loh!
Usaha persewaan buku
Taman bacaanlah bahasa kerennya

Ini usaha idenya dari ane yang suka minjem buku di Taman Bacaan Hendra Bandung
Karena berhubung ane dan sobat ane Lina (sekarang doi dah jadi dokter) suka ngoleksi buku, akhirnya kita sepakat buat Taman Bacaan
Ternyata temen-temen ane pada ikutan juga
Dan dibukalah Taman Bacaan Disney di loteng rumah Lina
Pelanggan pertamanya itu anak kecil tetangga depan rumahnya Lina
Senanglah kita
Usaha persewannya lucu lagi
Kalau jadi member, harus bayar Rp 2 ribu dan bisa baca buku sepuasnya selama satu bulan
Kalau gak mau jadi member, kita kenakan Rp 500 perak per buku per satu hari
Taman Bacaan ane ini menginspirasi adeknya temen ane yang namanya Nissa (doi sekarang buka usaha toko kue 'AnnisaCakes' di Semarang) untuk buat juga sama genggongnya

Namanya usaha kecil-kecilan, pelanggannya pun gak banyak
Akhirnya kita gabungin aja sama taman bacaan milik adeknya Nissa
Berganti nama menjadi Taman Bacaan ABC dan pindah ke rumah Nissa

Lain cerita pas SMP
Kalau pas SMP ane jualin 'leupet' aka lontong isi buatan mama
Bukan lontong isi aja yang ane jual
Ada prol tape, muffin cokelat (buatan kakak), dan roti manis mini
Semua dijual Rp 500 perak
Yang lucu tuh waktu jual muffin cokelat, soalnya yang dijual itu cuman 2 potong
Dan itu gagal sebenernya (rada bantet kuenya)
Tapi berhubung cokelatnya banyak, temen ane yang beli fine-fine aja :P

Ini lontong isi buatan mama, ada dua macem: isi sayuran dan isi oncom
Yang laku keras sih yang isi sayuran
Pernah waktu itu mama papa pergi ke Purwakarta buat nengokin cucu-cucunya
Walhasil yang buat ni lontong isi adalah ane dan kakak
Berhubung pada gak bisa masak, akhirnya tu lontong rada lembek
EGP dah! tetap ane jual
Karena lontongnya gak enak, akhirnya gak laku (cuman laku 3 biji doang)
Jadi semenjak itu, stop jualan lontong isi
Mungkin temen-temen ane juga dah pada bosen

Masa SMA adalah masa-masanya ane lagi suka sama cowok
So, di masa ini ane ogah jualan :D
Di masa ini juga, mama sama kakak bisnis kecil-kecilan busana muslim sama jilbab
Ane sih gak ikutan jualan, tapi sekalinya ada baju yang bagus langsung dah diembat :D
Sampe sekarang bisnisnya jalan, bahkan kakak ane sekarang buka counter pulsa sama jual ATK di teras rumah
Mama juga kadang-kadang nerima orderan bikin pizza mini, dadar gulung, risoles (sumpah ini risoles paling enak yang pernah ane coba), dan kue pukis

Kalau pas kuliah, ane memang gak pernah jualan lagi
Sempet jualan puding buah dan cokelat, tapi cuman bertahan dua hari
Ane lebih senang menghasilkan duit jaman kuliah itu dengan jadi guide or bantu-bantu survey
Pernah sempat ngajar di Bimbel, tapi berhubung jauh dan jam kerjanya dahsyat, ane gak mau lagi
Karena capek ini, ane jadi males nyusun skripsi
Walhasil kelulusan ane mundur 1 semester
Mama langsung deh nyap-nyap and ngelarang buat ngajar lagi
Akhirnya ya pilihan ane yang tidak menyita waktu
Seperti jadi guide

Sekarang ane pure karyawan salahsatu kantor media
Jadi ya tiap bulan selalu gajian
Ane pun sudah malas untuk usaha sana-sini
Tapi ane bangga dengan usaha kecil-kecilan yang ane buat zaman dulu
Kesannya keren aja sama jiwa bisnis ane dulu (walaupun usahanya tidak bertahan lama :D)

Hikmahnya dari cerita ane ini
Maju Terus Pantang Mundur!  
Walaupun sederhana, tetapi memberikan efek yang luar biasa 
So, teruslah berjuang sampai semampumu

Salam semangat! |^o^/
Cla 


 




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda