Rabu, 07 Januari 2015

SERAM!!!

Ok, hari ini otak saya memang lagi dipenuhi yang mistis-mistis (secara baru baca R.I.S.A.R.A, Rengganis, dan Asylum). Dari kemaren malem sampe sekarang masih aja yang ada dipikiran isinya makhluk-makhluk gaib. Ya intinya, lagi ketakutan saja :D
Ngomong-ngomong bicara soal hal mistis, saya pernah merasakan dan pernah melihat. Tapi jujur gak mau lagi deh kalau yang ditampakan, cukup waktu itu saja. Kata kakak saya, dulu waktu kecil saya ini memang suka ngawur kalau ngomong. Tiba-tiba suka liat 'mereka-mereka' yang tidak tampak dan otomatis bikin sekeluarga jadi parno.

Jadi begini ceritanya, waktu itu saya sama saudara-saudara yang lain lagi liburan ke rumah nenek di Cibatu. Berhubung di Cibatu ini daerahnya masih kampung banget (dulu), masih banyak pohon dan sawah di belakang rumah nenek. Kebenaran di halaman rumah nenek ini luasnya bukan main. Di belakang tembok pembatas, ada sawah milik warga sana. Nah, di belakang sawah ini ada kuburan.
Ya namanya masih pada bocah-bocah, jadi hobi banget yang namanya cerita hantu-hantu gitu. Menjelang maghrib, bukannya siap-siap buat shalat tapi yang ada malah cerita yang mistis-mistis. Kak Adi nih lagi cerita hantu di sekolahnya. Katanya jendela di kelasnya, tiba-tiba suka terbuka sendiri. Pas lagi asyik dengerin ceritanya Kak Adi, gak sengaja mata ngeliat ke atas. Tada! ada bayangan putih melintas cepat di atas langit dan mengarah ke kuburan. Mikirnya itu awan, tapi entah mengapa ada yang janggal. Ada hitam-hitam seperti rambut. Dan yang paling mencengankan adalah itu kecepatannya kayak supermen. Hebatnya saya, biasa aja. Gak takut, palingan rada merinding pas malem-malemnya. Hi...

Pengalaman kedua, ini terjadi beberapa kali di asrama pas waktu kuliah dulu. Biasa yang namanya MaBa kalau belum dengar cerita horor kampus, rasanya kurang klop. Jadi ni senior yang bernama Widya, dengan asik menceritakan hal-hal mistis di kampus. Salahsatunya hantu wanita baju merah yang nemplok di bis kampus. Itu cerita yang seremnya luar biasa.
Karena masih baru, jadi masih sombong-sombong meriah, pas lagi di WC asrama, gak sengaja cerita yang hantu nemplok di bis kampus. Yang tadinya pada cekikikan, tiba-tiba aja pada diem. Si Farah, temen depan kamar langsung saja komentar "Gila, La. Serem amet ceritanya."
Dimulailah kejadian yang mistis ini. Badan capek karena pulang malem, tidur pun paling cepet. Jam 9 udah tidur. Pas jam 11 malem, kebangun. Entah kenapa rasanya gak mau noleh ke arah pintu. Maunya ke jendela. Kalian tau arep-arep kan? Itu loh, ketindihan maksudnya. Tepat jam 12 malem, tiba-tiba badan berat. Kayak ada yang nindih. Ya Allah, tolong... Baca-bacaan Al-Qur'an meluncur begitu saja di kepala, tapi gak ilang-ilang ini arep-arepnya. Jam stngah 1, badan mulai bisa digerakan. Langsung saja kaki melangkah ke kamar temen, Devi. Pas di kamar dia, tidur bener-bener pules banget. Gak ada gangguan aneh-aneh, deh. Besok paginya pas sarapan, banyak gangguan dari temen-temen alias diketawain sama si Farah n Devi gara-gara ketakutan.
Asrama yang saya tinggalin ini memang luar biasa seramnya. Dia memang dikelilingin sama pohon-pohon karet, jadi kelihatannya surem banget. Bahkan saya gak asing banget denger ketawanya si Miss Kunti di tengah malem. Belum lagi pas arep-arep seperti ditimpa oleh tangan yang besar. Dan hal ini dirasain juga sama temen sebelah kamar yang ilmu agamanya mumpuni. Dia sering juga arep-arep ditimpa tangan besar.

Pengalaman ketiga. Kalau yang ini perasaan yang dimainin sama si halus-halus. Jadi waktu itu, saya sama temen-temen ngadain Kunjungan Situs (Kunsit) ke daerah Pangguyangan, Sukabumi. Begitu ke sana, jalannya masih batu-batu. Tidak ada yang namanya aspal. Dan kepercayaannya masih lekat sama yang namanya Animisme dan Dinamisme. Bisa dibilang masih Sunda Wiwitan. Belum masuk Islam sama sekali karena tidak terdengan azan sama sekali, padahal jalan menuju ke sini banyak terdapat pesantren.
Jadi pas sore, kebenaran saya tidurnya di rumah warga yang posisinya di atas, teman saya mengabarkan ada adik kelas yang hilang kendali. Bahasa kerennya kesurupan. Saya disuruh ke sana untuk menenangkan (beuh!saya aja takut, boro-boro bisa nenangin orang yang lagi kesurupan). Pas sampe di bawah, junior yang kesurupan bengong, tapi tiba-tiba suka ngeracau. Trus nangis dan selalu bilang gini 'gue gak percaya'. Beuh...mangnya kenapa ya? Karena capek kali ya nangis terus, tiba-tiba aja dia tidur. Tapi ya begitu, tidurnya gak tenang.
Liat jam tangan, waktu sudah menunjukan pukul stngah 7 malem. Ups, belum shalat maghrib. Temen-temen yang cowok ngajak shalat berjama'ah, tapi karena tempatnya terbatas (mereka shalat di ruang makan), akhirnya yang shalat jama'ah yang cowok-cowok aja. Tepat pas mereka 'Allahu Akbar', ada kucing masuk rumah. Tapi anehnya, begitu kucing mau ke dapur, dia balik lagi. Saya sama salahsatu teman, namanya Nadia, cuman bisa bengong aja liatnya. Nadia sempet bilang "loh? kok balik lagi ya tu kucing?".
Setelah cowok-cowok selesai shalat, saya segera mengambil wudhu. Karena yang lagi shalat cuman saya, akhirnya memutuskan shalat di kamar junior saya yang lagi kesurupan itu. Kamarnya ini gelap, secara lampu cuman ada di ruang keluarga dan hanya 5 watt. Jadi gimana gelepnya itu kamar. Pintu kamar yang tebuat dari tirai, saya buka. Langsung saja saya memulai shalat. Tapi entah kenapa, batin rasanya gak enak. Jantung dag-dig-dug dan kaki saya gemetar, padahal lagi shalat. Saking kaki bergetar hebat, ketika ruku saja dengkul rasanya lemes. Pengen cepet-cepat selesai rasanya.
Begitu selesai shalat, langsung menghambur ke arah Nadia yang lagi asyik ngobrol sama temen-teman yang lain. Langsung aja saya cerita ke si Nadia. Dan satu hal yang bikin saya tambah merinding, ada pernyataan Nadia yang gini "Kucing yang tadi dateng lagi, La. Mau masuk kamar. Tapi begitu ngeliat lo shalat, dia balik lagi ke luar". Beuh! Kucing apakah itu?! Tambah ngeri aja deh di sini.
Karena gak tahan dengan kondisi rumah yang di bawah, ada temen yang mau ke atas. Tanpa babibu, saya ikut dia ke atas. Yang lain udang ngelarang karena hujan yang bikin jalan jadi licin. Idham sempet ngomong "dah di sini aja, La. masih ujan." Tapi emang persaaan dah gak nyaman, saya tetap bersikeras naik ke atas. Akhirnya saya, Ega dan Ariel, mendaki ke atas dengan ditemani senter yang seadanya. Sepanjang perjalanan yang namanya mencekam, benar-benar mencekam. Sepi, gelap, hujan, licin, suara angin yang mendayu-dayu, serta pohon-pohon pisang yang kalau dilihat-lihat menyeramkan juga. Saya boro-boro noleh ke kanan-kiri. Pandangan terus ke bawah. Begitu sampe atas, langsung menghambur masuk ke dalam rumah. Karena kebelet parah, langsung menuju ke kamar mandi. Entah kenapa, begitu masuk ke kamar mandi hawanya makin gak enak. Kayak ada yang merhatiin. Mana aer ngucurnya kecil lagi, jadi tambah lama di kamar mandi.
Begitu keluar dari kamar mandi, persaan mulai berangsur-angsur tenang.Saya ke luar rumah untuk melihat api unggun. Lagi asik-asik menghangatkan badan, tiba-tiba mata tertuju ke salahsatu rumah warga. Do you know, apa yang saya lihat? sekumpulan Miss Kunti lagi asik bercengkrama. Ya Allah, tambah merinding disko. Saking takutnya, saya menundukan kepala dan mata mulai basah. Ya saya nangis, tapi gak ada yang tahu. Tengsin mbo kalau ketawan yang lain :D

Cerita keempat, lagi-lagi si Miss Kun-kun beraksi di depan mata. Waktu itu ceritanya lagi makan sama My Honey Bunny Swetie di warung pecel lele deket sekolah Censi di Fatmawati. Lagi asik-asik makan, tiba-tiba mata mengarah ke jalan kecil ke rumah seseorang. Terdapat mobil terparkir. Kosong sih gak ada siapa-siapa. Yo wes lanjut makan. Ngobrol macem-macem, di ujung mata kiri seperti ada yang menganggu. Kayak ada putih-putih gitu. Pas noleh, ternyata...jeng-jeng-jeng...Miss Kunkun's (karena banyak) lagi pada mejeng di tu mobil. Ada yang di atep, samping jendela, di kap-nya, bahkan di jalan masuk lagi asik arisan. Ya Allah, kepala menunduk dan langsung ngomong sama My Honey: "balik yuk, mas".

Cerita kelima, kejadian pas lagi liputan di daerah Cikampek. Sebenernya ini kesalahan sendiri. Waktu itu ada liputan di daerah Cikampek dan harus menginap di sana. Kalian tahu lah kalau di jalur Pantura pasti hotel-hotelnya banyak yang 3 jam-an. Nah, dapetlah salahsatu hotel di deket Simpang Jomin. Karena cewek sendiri, otomatis tidur sendiri. Dapat kamar yang super-duper luas, bikin ngeri. Akhirnya minta tuker ke kamar no.2. Di kamar no.2 ini agak aneh. Di dalamnya ada tangga ke atas. Berarti ada rungan lagi di atasnya. Iseng-iseng naek ke atas, terus turun lagi karena takut. Ada kameramen TV yang nanya itu tangga ke mana? Ya langsung saja saya dan si kameraman naek ke atas. Ternyata benar ada ruangan lagi atas. Lampunya gak, jadi gelap-gulita.
Setelah turun, si kameramen ini pergi ke kamarnya, saya bukannya langsung ganti baju. Yang ada pintu kamar dijeblakin dan duduk diam di kasur. Perasaan gak enak dan bulu kuduk merinding. Langsung saja minta tuker kamar yang lebih baik. Ada tapi gak pake AC. Saya gak peduli, akhirnya pindah kamar lagi.
Maksudnya pindah kamar biar perasaan tenang, tapi yang ada makin merinding. Berasa kayak ada yang ngikutin dan lagi duduk di sofa sambil merhatiin. Langsung saja nyalakan TV pemerintah (karena kalau TV swasta suka ada iklan aneh-aneh gitu, takut tambah parno). Tapi merindingnya makin menjadi-jadi. Otomatis, gak tidur sama sekali. Begitu azan subuh berkumandang, langsung cepat-cepat mandi dan nongkrong di depan kamar. Ngeri banget buat masuk lagi ke kamar. Gak tau kenapa, menurut perasaan makhluk yang duduk di sofa itu adalah wanita berambut panjang berbaju putih. Dia datang dari kamar no.2 yang di atas itu, loh. Tampaknya dia terusik pas saya dateng. Bodohnya saya gak kulonuwun dulu pas naek ke tangga. Sejak saat itu, pasti selalu cerwet kalau liputan ke luar kota. Kamarnya harus diliat dulu. Perasaan yang maen. Kalau adem, tandanya gak ada apa-apa, tapi kalau udah dag-dig-dug, gak mau nempatin.

Cerita keenam, ini terjadi di depan kosan. Saya ini termasuk yang hobi belanja. Waktu abis pulang dari ITC Depok karena kepanasan, saya coba leha-leha di luar. Sambil nyanyi-nyanyi, mata sempet nengok ke pohon belimbing depan kosan. Waw! rindang dan gelap.
Entah kenapa malem itu rasanya sepi banget di jalan depan kosan. Yang biasanya banyak tukang dagang, mahasiswa yang baru balik kuliah, anak kecil yang lagi belajar rebanaan, itu semua sama sekali gak ada. Sambil menikmati angin dan kesunyian, mata tertuju ke kosan sebelah. Sepi dan gelap. Tiba-tiba saja muncul putih-putih melayang antara pohon dan atap kosan sebelah. Sempet berpikir itu cuman angin, pas diperhatiin lebih jelas lagi, oh no! bukan. Seperti yang halus-halus. Buka kunci pintu kamar, kaki melangkah masuk. Dan tidak keluar-keluar lagi sampai azan subuh berkumandang.

Cerita ketujuh, terjadi di kantor. Berhubung saya adalah karyawan yang rajin (boong, ding :D), jadi di kantor sampai sore menjelang maghrib. Orang-orang di kantor ini memang tepat waktu sekali kalau sudah jam pulang, tepat jam 5 sore, tanpa babibu langsung pada cabut. Saya memang lagi membalas e-mail dari narsum, jadi agak lama di kantor. Hanya tinggal berdua dengan rekan saya, Mbak Echa. Ketika jam setngah 7, saya dan Mbak Echa bergegas untuk segera balik. Karena tinggal berdua, yang mematikan listrik di kantor harus yang terakhir pulang. Lampu dimatikan oleh Mbak Echa, saya siap-siap memencet absen finger print. Lihat ke arah ruangan bos karena lampu belum dimatikan, mendadak langsung merinding. Ada kepala nongol di jendela atas. Hitam dan besar. OW! percepat langkah dan segera masuk lift. Saya ceritakan ke Mbak Echa di dalam lift, tangannya langsung merinding. Sejak itu gak mau balik terlalu malem dari kantor (kecuali lembur).

Ya itulah beberapa kisah pribadi bertemu dengan yang halus-halus. Kalau disuruh lagi, gak mau deh mereka menampakan diri di depan. Bikin parno dan susah tidur aja.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda